Balikpapan Kota Menawan

BALIKPAPAN KOTA MADINATUL IMAN


Masjid Balikpapan Islamic Centre. Sumber: Instagram


Masjid seperti ini punya Balikpapan bosku, indah banget kan? Yuk mari disimak, saya akan memberikan lebih lanjut mengenai keistimewaan Kota Balikpapan yang mungkin kalian belum tau.


WHERE IS BALIKPAPAN CITY?

Peta Balikpapan. Sumber: World Atlas

Ini kotaku, Balikpapan, terletak di Pulau Kalimantan Timur. Kota ku mempunyai moto BERIMAN (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman). Dengan luas wilayah 50.330 Ha, jumlah peduduknya telah tercatat sebanyak 762.492 jiwa dari data tahun 2016 (jumlah ini akan terus bertambah) dengan maskot beruang madu. Balikpapan, tidak seperti dengan apa yang orang bayangkan, bahwa Balikpapan tidak identik dengan kota yang penuh dengan hutan.

Karena kota Balikpapan merupakan kota multikultural yang dimana hampir sebagian penghuninya adalah pendatang sehingga tidak memiliki kebudayaan khas hanya saja yang mempersatukan masyarakat Kota Balikpapan adalah bahasa satu yaitu bahasa Indonesia. Balikpapan memiliki mayoritas suku Jawa, Bugis dan Banjar, jadi disini saya akan memberikan sekilas mengenai ciri Kota Balikpapan.

Kilang Minyak Balikpapan. Sumber: lifestyle.sindonews.com. 

     Balikpapan kota menawan, apalagi saat malam. Kilang-kilang minyak yang berjejer, anjungan minyak yang bercahaya, membuat hati ini terpana. Kota ini kerap dijuluki sebagai kota minyak. Lokasi kilang terletak di Jl. Minyak yang berhadapan langsung dengan teluk Balikpapan. 

TEMPAT WISATA DI BALIKPAPAN



Sumber: google


     Banyak sekali tempat wisata di Balikpapan. Ohya, Balikpapan itu identik dengan wisata pantainya loh! Pemandangan yang gak kalah wahnya dengan di Bali. Di Balikpapan terdapat pantai lamaru, pantai kemala, pantai sosial, pantai mentari, dan lainnya. Di Balikpapan juga punya tempat nongkrong kuliner family, yang tiap harinya selalu ramai yaitu di Melawai. Menikmati hidangan dengan hiburan dari para pengamen di tepian pantai Melawai yang indah mempesona. Juga ada KWPLH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) di km 24 dimana ditempat ini merupakan agrowisata beruang madu. Setelah itu ada Lamin Etam Ambors yang terdapat di km 28. Banyak sekali wahana disini, ada flyingfox, wahana air, penginapan, koleksi burung, dll.



BALIKPAPAN KOTA HUNIAN TERNYAMAN KETIGA SE-INDONESIA



Balikpapan termasuk kota hunian ternyaman dan menduduki urutan ketiga se-Indonesia. Hal tersebut membuat saya sebagai warga asli dari Kota Balikpapan bangga. Yang menjadikan Kota Balikpapan menjadi kota yang layak huni diantaranya adalah kotanya bersih, tertib, dan pembangunan  infrastruktur yang cepat.







Sumber: google




MALL DI BALIKPAPAN

Balikpapan memiliki banyak mall yang mirip dengan kota Jakarta. Gedung yang mewah nan elegan. Mall di Balikpapan diantaranya adalah The Plaza Balikpapan (Balikpapan Trade Center), Ewalk, Balikpapan Ocean Square, dan Living Plaza. Mall paling ramai adalah Ewalk, apalagi setiap malam minggu. Masyarakat Balikpapan pada tumpah ke tempat tersebut.

 




 

Sumber: google




KULINER FENOMENAL  & OLEH- OLEH KHAS BALIKPAPAN

Ini dia kuliner fenomenal Balikpapan yaitu coto makassar yang berada di belakang pasar Klandasan. Dan juga ada oleh-oleh khas Balikpapan yaitu amplang.


                                                Sumber: makanankhasbalikpapan.blogspot.com




BAJU ADAT DAN RUMAH ADAT 

Rumah Adat Lamin. Sumber: google

Pakaian adat Dayak. Sumber: google



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fasilitas Publik Universitas Muhammadiyah Malang

Teknologi Mempermudah Pendidikan